QMS Consulting

Job Safety Analysis (JSA) adalah teknik manajemen keselamatan yang berfokus pada identifikasi bahaya dan pengendalian bahaya yang berhubungan dengan rangkaian pekerjaan atau tugas yang hendak dikerjakan di area kerja. Secara umum, JSA memiliki kesamaan dengan teknik manajemen keselamatan yang lain, namun pada JSA ada empat unsur penting yang harus dilakukan setelah menentukan jenis pekerjaan, yaitu:

  1. Merinci langkah-langkah pekerjaan secara spesifik dari awal hingga selesainya pekerjaan.
  2. Identifikasi bahaya yang terdapat pada setiap langkah pekerjaan.
  3. Menentukan skala bahaya atau urutan bahaya yang harus ditangani terlebih dahulu.
  4. Menentukan langkah pengendalian terhadap bahaya yang telah ditentukan skala bahaya dan diterapkan.

Melalui pelaksanaan JSA, organisasi/kontraktor dapat menganalisis bahaya secara tersistematis. Mulai dari mengidentifikasi sampai pengendalian dalam setiap tahapan suatu proses pekerjaan di area kerja. Tidak hanya itu, dengan melaksanakan JSA organisasi/kontraktor telah membuktikan bahwa telah dilakukannya perencanaan dan pembuatan prosedur kerja dengan benar dan pekerja dapat melakukan pekerjaan dengan aman.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa JSA merupakan metode yang sangat penting dalam manajamen risiko. Sebab, JSA dapat membantu pekerja melakukan pekerjaannya dengan aman dan efisien serta melindungi peralatan kerja dari kerusakan.

Selain itu, dengan melaksanakan JSA organisasi/kontraktor dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK) di tempat kerja selama proses pengerjaan. Sehingga, organisasi/kontraktor dapat mengurangi absen pekerja, biaya kompensasi pekerja jadi lebih rendah dan bahkan meningkatkan produktivitas.

Informasi-informasi di atas tentunya bisa anda dapat lebih banyak dengan bergabung ke dalam Group Update Informasi ISO Standar – QMS Consulting. Bagi yang berminat bisa menekan link di bawah ini :
https://s.id/GroupInformasiISO

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan? Chat via WA disini