QMS Consulting

ISO 45001:2018 adalah Standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Isi standar tersebut merupakan sebuah panduan SMK3. Selain itu, standar ISO 45001:2018 berfungsi untuk memungkinkan organisasi secara proaktif meningkatkan kinerja SMK3 dalam mencegah cidera dan kesehatan yang buruk. Perlu dicatat bahwa pemerintah mewajibkan sebuah organisasi atau perusahaan untuk menerapkan SMK3.

Bagi perusahaan yang akan menerapkan ISO 45001:2018, perlu memenuhi persyaratan yang terdapat pada ISO 45001:2018. Persyaratan-persyaratan tersebut mencakup klausul 4 – 10 yang terdapat pada ISO 45001:2018. Kali ini, kami akan memberikan pengetahuan mengenai pemenuhan persyaratan pada klausul 9 khususnya akan membahas mengenai Tinjauan Manajemen. Tinjauan manajemen merupakan bagian dari evaluasi kinerja dari SMK3. Sehingga menjadikan Tinjauan Manajemen sebagai dari elemen penting dari SMK3. Tujuan dari Tinjauan Manajemen adalah agar manajemen puncak menilai efektivitas kinerja SMK3 dan kesesuaian dengan kebutuhan bisnis, yang pada akhirnya mencegah cedera pada pekerja. Tinjauan manajemen juga merupakan kegiatan yang direncanakan untuk meninjau tujuan termasuk untuk menetapkan tujuan baru.

Biasanya, rapat tinjauan manajemen dilakukan setiap tahun. Namun, ada banyak organisasi melakukan tinjauan manajemen setiap 6 bulan atau triwulan untuk melacak kinerja sistem. Semakin sering rapat dilakukan, seringkali agenda rapat berkurang dengan agenda penuh yang terjadi setiap tahun.

Informasi-informasi di atas tentunya bisa anda dapat lebih banyak dengan bergabung ke dalam Group Update Informasi ISO Standar – QMS Consulting. Bagi yang berminat bisa menekan link di bawah ini :
https://s.id/GroupInformasiISO

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan? Chat via WA disini