QMS Consulting

ISO 45001:2018 adalah Standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Isi standar tersebut merupakan sebuah panduan SMK3. Selain itu, standar ISO 45001:2018 berfungsi untuk memungkinkan organisasi secara proaktif meningkatkan kinerja SMK3 dalam mencegah cidera dan kesehatan yang buruk. Perlu dicatat bahwa pemerintah mewajibkan sebuah organisasi atau perusahaan untuk menerapkan SMK3.

Bagi perusahaan yang akan menerapkan ISO 45001:2018, perlu memenuhi persyaratan yang terdapat pada ISO 45001:2018. Persyaratan-persyaratan tersebut mencakup klausul 4 – 10 yang terdapat pada ISO 45001:2018. Kali ini, kami akan memberikan pengetahuan mengenai pemenuhan persyaratan pada klausul 7 yang akan membahas mengenai Support (Sumber Daya, Kompetensi, Kesadaran dan Komunikasi akan Persyaratan SMK3). Pada poin-poin yang terdapat di klausul ini, perusahaan diminta untuk mencatat kegiatan pelatihan, kualifikasi dan pengalaman karyawan khususnya yang berkaitan dengan SMK3. Pelatihan yang dilakukan bisa dilakukan oleh perusahaan sendiri ataupun mengikuti kegiatan pelatihan dari luar. Contoh kegiatan pelatihan yang dapat diadakan adalah pelatihan P3K. Pelatihan dapat diadakan oleh internal perusahaan selama ada karyawan yang memiliki keahlian di bidang tersebut. Pelatihan yang dilakukan diharapkan akan membangun kesadaran karyawan akan pentingnya SMK3 di perusahaan.

Komunikasi adalah kunci keberhasilan dari SMK3. Hal tersebut berkaitan dengan kebijakan dari manajemen puncak (Klausul 5.2). Setelah ada kebijakan yang direkomendasikan dan didukung oleh manajemen puncak, maka organisasi perlu menentukan :

  1. Hal-hal yang dikomunikasikan seperti kebijakan K3, aturan-aturan yang berlaku mengenai K3 baik dari pemerintah maupun internal perusahaan, tanggung jawab, jenis-jenis bahaya yang terdapat di area kerja, penilaian risiko, Instruksi Kerja, notula rapat komite, hasil investigasi, struktur organisasi, dan kinerja SMK3. Informasi tersebut dicetak dan ditempel di sudut-sudut perusahaan yang mudah terbaca.
  2. Informasi mengenai SMK3 akan disampaikan ketika melakukan rekrutmen karyawan, audit internal dan eksternal, briefing pagi, rapat komite keselamatan dan ketika ada informasi/aturan baru mengenai SMK3. Contoh informasi baru yaitu aturan mengenai protokol covid-19 di tempat kerja.
  3. Informasi mengenai SMK3 akan disampaikan ke karyawan/pekerja termasuk vendor, kontraktor, penyedia eksternal, pengguna akhir produk, dan pihak berkepentingan lainnya.
  4. Informasi mengenai SMK3 akan disampaikan melalui papan pengumuman, e-mail, situs web, buletin, dan pengawasan.

Setelah hal-hal di atas dilakukan. Perlu disampaikan untuk mendokumentasikan setiap kegiatannya. Agar informasi-informasi tersebut dapat dikendalikan dan ditelusuri ketika mengalami ketidaksesuaian terhadap SMK3.

Informasi-informasi di atas tentunya bisa anda dapat lebih banyak dengan bergabung ke dalam Group Update Informasi ISO Standar – QMS Consulting. Bagi yang berminat bisa menekan link di bawah ini :
https://s.id/GroupInformasiISO

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan? Chat via WA disini