QMS Consulting

Rabu (09/12), PT Kartika Prima Abadi mengikuti Bimbingan Teknis dari Kementerian Perindustrian mengenai Awareness Training ISO 9001:2015. Narasumber yang memberikan materi Awareness Training ini adalah Muhammad Abdul Hakim Faqih dari PT Arzuro Kinerja SDM. Kegiatan Training ini diadakan via zoom dan dimulai dari pukul 09.00 – 12.00.

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan bahwa ISO 9001:2015 berfokus pada kepuasan pelanggan. Kemudian, pada standar tersebut terdapat 7 prinsip yang harus diterapkan di antaranya adalah Customer Focus, Leadership, Engagement of People, Process Approach, Improvement, Evidence-based Decision Making dan Relationship Management. Selain itu, standar ISO ini memiliki High Level Structure Annex SL yang bersifat universal. Sehingga memudahkan untuk melakukan integrasi dengan standar ISO lainnya. Sebab, apapun jenis ISOnya akan memiliki 10 klausul seperti ISO 9001:2015.

Kemudian, narasumber juga menjelaskan bahwa dalam penerapan standar ISO 9001:2015 pun, anggota organisasi harus memiliki pola pikir Plan-Do-Check-Action (PDCA) dan risk based thinking. Tidak hanya itu, ketika menerapkan standar ini perlu diperhatikan syarat-syarat yang terdapat dalam klausul 4 – 10, yaitu Konteks Organisasi, Leadership, Planning, Support, Operation, Performance Evaluations dan Improvement. Sebab, klausul-klausul tersebut yang nantinya akan diujikan oleh Audit Eksternal.

Dalam penerapan ISO atau sebuah standar tertentu, tentunya terdapat manfaat yang diterima oleh perusahaan atau organisasi. Begitu pula ketika perusahaan atau organisasi menerapkan ISO 9001:2015. Manfaat yang akan diterima oleh perusahaan atau organisasi yaitu:

  1. Kepuasan pelanggan dengan penyampaian produk atau jasa secara konsisten dapat memenuhi persyaratan-persyaratan pelanggan,
  2. Mengurangi biaya operasional dengan peningkatan berkesinambungan pada proses-proses dan hasil dari efisiensi operasional,
  3. Peningkatan hubungan pada pemegang kepentingan termasuk para staf, pelanggan dan pemasok,
  4. Terjadinya kepatuhan persyaratan dan hukum dengan pemahaman mengenai pentingnya suatu persyaratan, peraturan dan perundang-undangan pada suatu perusahaan atau organisasi dan para pelanggan anda,
  5. Peningkatan terhadap pengendalian manajemen risiko dengan konsisten secara terus-menerus dan adanya mampu telusur suatu produk dan jasa.
  6. Tercapainya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang dijalankan, hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya verifikasi pihak ketiga yang independen,
  7. Serta, kemampuan untuk mendapatkan lebih banyak bisnis, khususnya pemenuhan spesifikasi-spesifikasi pengadaan yang membutuhkan sertifikasi sebagai suatu persyaratan untuk melakukan suplai barang dan jasa.

Diharapkan dari kegiatan ini PT Kartika Prima Abadi dapat menerapkan ISO 9001:2015 dan memenuhi persyaratan dari pemerintah. Dengan begitu, pelanggan akan merasa aman dan terjamin terhadap produk yang diberikan oleh perusahaan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan? Chat via WA disini